Profil perusahaan penerbitan dan percetakan

Penerbit dan Percetakan Kanisius


A.  Gambaran Umum 

       Penerbit dan Percetakan Kanisius yang terletak di Jalan. Cempaka 9 Deresan Yogyakarta, dengan luas lahan mencapai 2,5 ha, merupakan salah satu karya Gerejani yang saat ini dipercayakan pengelolaan serta pengembangannya pada serikat Jesus. Karya ini dijalankan dalam ikatan kemitraan erat antara Jesuit dan rekan-rekan awam. Langkah-langkah gerak pengembangan karya direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi dalam suatu sistem pengorganisasian karya yang mandiri. 
    Karya Penerbit Kanisius dimulai sejak 26 Januari 1922 dengan komitmen pemberdayaan bangsa melalui pendidikan. Awal Misi di Jawa Tengah, menempatkan kemunculan Canisius Drukkerij dalam perkembangan Misi dengan karya pendidikan dan kebutuhannya. Dalam perkembangan Kanisius ada 3 periode yang mengusung berdirinya Kanisius, yaitu Bruder FIC atau Bruder Santa Perawan Maria dan Awam 
(1922-1966), Pastor Jesuit dan Awam (1967-1993) dan Awam (1994-sekarang) Pada Periode pertama Bruder FIC dan Awam pada tahun 1966, pada periode itu para Bruder FIC memegang peranan penting sebagai yang merintis, memelihara, dan mengembangkan Kanisius. 
     Percetakan pertama Kanisius berada di Kidulloji sebelum pindah ke Deresan. Percetakan Kanisius dipercaya untuk mencetak uang ORI ( Oeang Repoublik Indonesia), dan majalah Patriot. Kini karyanya meliputi berbagai bidang seperti : Keagamaan, kepribadian, humaniora, teknologi dan juga pertanian. 

          Berbicara mengenai  Budaya Kerja atau Budaya Korporat yang ada di 
Penerbit dan Percetakan Kanisius, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukung seperti perusahaan memiliki Integritas yaitu adanya kepercayaan serta aspek-aspek bersifat moral atau etika yang dihargai oleh karyawan di Penerbit dan Percetakan Kanisius, selain itu terdapat profesionalisme karyawan dalam bekerja sehingga dapat menghasilkan suatu pekerjaan yang baik bagi perusahaan, Penerbit dan Percetakan Kanisius juga mengedepankan kepuasan konsumen yaitu perusahaan mampu melayani konsumen dengan baik, perusahaan tidak mencari keuntungan semata melainkan fungsi sosial yang dikedepankan oleh Penerbit dan Percetakan Kanisius ini. Kekuatan Budaya Korporat yang ada di Penerbit dan Percetakan Kanisius terletak pada Integritas, Profesionalisme, Leadership, Positive Teamwork. Di antara faktor pendukung tersebut, menurut pengalaman, ternyata faktor Leadership sangat menonjol, dalam arti bahwa komitmen, kesungguhan tekad pimpinan, terutama pimpinan puncak suatu organisasi, merupakan faktor utama dan sangat mendukung terlaksananya suatu budaya di perusahaan. 

B. Visi dan Misi Perusahaan 

1. Visi 
       Penerbit dan Percetakan Kanisius Melibatkan diri pada pembangunan bangsa dalam persaudaraan sejati, demi memperjuangkan keutuhan Manusia dan Ciptaan. Penjelasan Visi : Bagian pertama memuat gagasan bahwa Penerbit dan Percetakan Kanisius Yogyakarta memposisikan dirinya sebagai bagian tak terpisahkan dari bangsa dan Gereja Indonesia. Bagian ke dua merumuskan nilai yang diperjuangkan. 
          a. Penerbit dan Percetakan Kanisius Yogyakarta melibatkan diri pada pembangunan dalam persaudaran sejati. Visi ini memuat gagasan bahwa Penerbit dan Percetakan Kanisius Yogyakarta memposisikan dirinya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa dan Gereja Indonesia.               
      b. Demi memperjuangkan keutuhan manusia dan ciptaan yaitu merumuskan nilai yang diperjuangkan. Perjuangan mengembalikan keutuhan manusia dan ciptaan haruslah menyentuh segala dimensi hidup manusia seperti hubungan dengan Tuhan, sesama, diridan dengan alam ciptaan. Hal ini dilakukan melalui produk dan jasa yang dapat mengembalikan wawasan keadilan, mendorong dan memberi semangat kepada sesame untuk bersikap adil. Sedangkan keadilan sendiri akan menjadi jiwa yang memberi semangat dan terwujud dalam 
praktek hidup perusahaan. 
             c. Penerbit dan percetakan adalah lembaga yang bergerak dalam bidang usaha bisnis dan tetap melaksanakan fungsi “profesinya”. Segala 
kebijaksanaan dan strategi dijalankan dengan pertimbangan bisnis. 
                 d. Penerbit dan Percetakan Kanisius merupakan bagian integral dari suatu bangsa yang konkret yaitu bangsa Indonesia yang sedang membangun. Pada konteks ini Penerbit dan Percetakan Kanisius meletakkan diri 
dalam usaha pembangunan bangsa. 

2. Misi  

            Dengan Jiwa Kristiani, Penerbit dan Percetakan Kanisius dalam konteks 
budaya yang berkembang, menyediakan multi media demi pemberdayaan masyarakat, dengan mutu kinerja dan hasil yang terpercaya, mengutamakan relasi dalam hubungan etis dan saling menguntungkan, didukung semangat kerja sama, penghargaan, dan pengembangan sumber daya manusia, saranaprasarana, dan keuangan sesuai tuntutan usaha profesional. Bagian pertama misi memuat dasar semangat, peran, dan sumbangan khas Penerbit dan Percetakan Kanisius dalam bidang multi media. Bagian ke dua merumuskan standar mutu proses dan hasil demi relasi yang dilayani. 
            a. Dengan Jiwa Kristiani, maksudnya adalah semangat, “roh” yang menggerakkan seluruh pikiran, hati, dan tindakan kita sebagai murid Kristus yang senantiasa mencari dan melaksanakan kehendak Allah. 
        b. Konteks budaya yang berkembang, usaha membangun masyarakat yang diwarnai dengan persaudaran sejati senantiasa berpijak pada 
budaya stempat yang konkret. Kebudayaan senantiasa berubah dan perubahan itu mengarah ke situasi yang lebih baik. Penerbit dan  Percetakan Kanisius dalam konteks budaya yang berkembang, menyediakan multimedia demi pemberdayaan masyarakat, memuat dasar semangat, peran, dan sumbangan khas Penerbit dan Percetakan dalam bidang multimedia. Jiwa Kristiani adalah semangat yang menggerakkan seluruh pikiran, hati, dan tindakan Kanisius sebagai murid Kristus. Selain itu gerak dinamis budaya harus selalu  ditanggapi agar apa yang menjadi tujuan Penerbit dan Percetakan tetap kontekstual. 
                   c. Dengan mutu kinerja dan hasil yang terpercaya, mengutamakan relasi dalam hubungan etis dan saling menguntungkan. Maksudnya Kanisius menjamin mutu seluruh proses hingga hasil yang dikeluarkan. Dalam proses kerja, hasil dan pelayanan dimotivasi oleh pertimbangan kebutuhan dan kepuasan relasi. Yang dimaksud relasi adalah semua pihak yang berkepentingan dengan Kanisius (konsuen,mitra kerja, Pemerintah, pengarang,pemasok) 
      d. Didukung semangat kerja sama, penghargaan dan pengembangan sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan sesuai tuntutaan usaha professional, merumuskan dukungan perangkat intern yang harus ada. Semangat kerjasama ini ditandai dengan sikap saling percaya, saling mendukung, dan mengembangkan diri, tidak mementingkan diri sendiri,terbuka, komunikatif dan kekeluargaan. Semangat ini menjiwai relasi Kanisius dengan public eksternal.

C. Struktur Organisasi 

       Sebagai Penerbit dan Percetakan yang bergerak dalam Lembaga Gereja yang non Profit,  Penerbit dan Percetakan Kanisius memiliki struktur Organisasi, yang memiliki 9 Departemen dan beberapa Divisi di dalamnya, Departemen tersebut terdiri dari : Departemen HRD&GA (General Affair), Departemen Keuangan, Departemen Litbang, Departemen Majalah, Departemen Humas, Departemen Produksi, Departemen Pemasaran, Departemen  Redaksi, Sekertariat Perusahaan, dan SIM (Sistem Informasi Manajemen). Secara garis besar, keseluruhan dari semua Departemen tersebut langsung berada dibawah tanggung jawab dan pengawasan oleh Direktur Utama yaitu Romo Sarwanto SJ atau Wakil Direktur Utama yaitu Bapak FX.Supriharsono. Sedangkan untuk Divisi, dipimpin oleh masing-masing manager sesuai dengan Departemennya. Setiap Departemen memiliki Sekertariat dan setiap Divisi memiliki kepala Divisi sebagai penanggung jawab bagi anggota-anggotanya. Untuk Departemen Humas sejak tahun 2008 sudah tidak aktif lagi karena Managernya telah pensiun, untuk itu Humas berganti nama menjadi CPR atau Corporate Public Relations yang sekarang posisinya digabung dengan Sekrtariat Perusahaan. 

D. Kegiatan-Kegiatan Perusahaan 

1. Kegiatan Penerbitan 
         Penerbit dan Percetakan kanisius berusaha menerbitkan buku-buku atau sarana belajar sesuai dengan tuntutan jaman dan mengajak orang untuk berpikir lebih lanjut. Judul terbitan meliputi bidang filsafat,kebudayaan,  pertanian, peternakan, buku pelajaran, buku Agama, dan lain sebagainya.Proses pembuatan buku hingga kepada para pembaca adalah : 
 a. Perusahaan menerima naskah dari pengarang dalambentukketikan, flashdisk, atau tulis tangan. Naskah yang diterima, dipelajari dan dievaluasi oleh bagian redaksi dalam bentuk seperti draft untuk 
pertimbangan apakah naskah tersebut layak untuk diterbitkan. 
   b. Jika naskah layak diterbitkan maka naskah tersebut dikirim ke bagian pengeditan untuk diedit dari segi bahasa, system penulisan ataupun prospek pasarnya. Tetapi bila tidak layak untuk diterbitkan maka naskah akan dikembalikan kepada penulis atau pengarang. 
        c. Setelah pengeditan selesai, naskah diteruskan ke bagian produksi untuk kemudian dicetak. Evaluasi terhadap naskah yang dikirim dilakukan oleh para editor Penerbit-Percetakan Kanisius dengan bantuan para ahli dari berbagai instansi. 

2. Kegiatan Percetakan 
    Penerbit-Percetakan Kanisius melayani percetakan buku-buku yang diterbitkan Kanisius sendiri, juga melayani berbagai macam pesan cetakan. Untuk menjaga mutu dan pelayanan, seluruh proses dikontrol secara ketat oleh ahli yang telah berpengalaman, dan ditangan oleh tenaga yang berpengalaman di bidangnya. Proses Percetakan buku adalah sebagai berikut: 
    a. Melakukan setting, mengetik naskah sesuai dengan format yang di kehendaki, Melakukan koreksi dan page making (tata letak). 

    b. Membuat film dari page making satu-persatu, Film di montage, yaitu penataan letak untuk gambar dan warna, Dari hasil montage dibuat plat 
cetak. 
   c. Hasil cetakan berupa lembaran, kemudian dilipat dan dijilid bersama sampul buku, Selanjutnya memotong setiap sisinya sehingga menjadi 
buku yang rapi. 
    d. Setelah proses penjilidan buku kemudian dipak dan dikirim ke gudang buku.

3. Kegiatan Pemasaran 
        Kegiatan pemasaran dilakukan oleh Departemen pemasaran yang bertugas mempromosikan hasil produksi perusahaan kepada masyarakat luas melalui iklan, paroki, prorangan, pameran buku, melalui penjualan langsung di showroom atu berdasarkan surat pemesanan sehingga kehidupan perusahaan dapat berjalan lancar dan semakin berkembang karena hasil produksi dapat dinikmati oleh komunitas dan masyarakat. 


PROFIL PENERBITAN MIZAN

     Mizan Pustaka merupakan bagian dari Mizan Publika Group, salah satu penerbitan terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1983, publikasi awal terutama berupa buku terjemahan karya para pemikir terkemuka. Kini, Mizan Pustaka adalah penerbit yang berbasis luas dengan kekuatan dalam genre fiksi, kesehatan, buku bisnis, buku anak-anak, referensi, agama, dan non-fiksi populer.
Sebagai salah satu penerbit terkemuka di Indonesia, Mizan Pustaka membawa sejarah penerbitan yang membanggakan.Dari hanya tiga buku per bulan pada tahun-tahun pertamanya, Kelompok Mizan kini telah memproduksi total sekitar 600 buku per tahun dan berhasil menerbitkan banyak karya laris. Di dalam kelompok penerbitannya terdapat beberapa imprint dan lini seperti Qanita, Kaifa, Mizania, dan DAR! Mizan untuk buku anak dan remaja.
Mizan Pustaka memiliki reputasi dalam keunggulan kualitas produk serta komitmen pada pelayanan. Keahlian editorial kami, standar yang tinggi dalam desain dan nilai-nilai mendorong kami untuk bekerja keras memproduksi buku-buku terbaik. Berbagai buku yang diterbitkan oleh Mizan Pustaka telah secara teratur memenangkan penghargaan dari Asosiasi Penerbit Buku Indonesia. Banyak di antara karya penulis kami menempati daftar buku terlaris nasional dan penerima hadiah sastra besar di Indonesia.
Mizan Pustaka secara konsisten berada di garis depan dalam inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi, Mizan Pustaka adalah penerbit Indonesia pertama yang menjadi mitra utama Google Book Search pada tahun 2008, dan sekarang siap untuk mendigitalkan konten dan produk sebagai e-book untuk memenuhi permintaan konsumen dan menghasilkan peluang bisnis tambahan.
Jl. Cinambo No.135
Cisaranten Wetan
Bandung 40294
INDONESIA
Telp. +62 22 783 4310
Fax. +62 22 783 4311
Email: info@mizan.com
Sumber : http://www.mizan.com/mizan-pustaka/




Komentar